Pages

Sunday 8 May 2016

Waspadai Diri Anda Jika Sering Kesemutan


Semua orang pasti pernah merasakan kesemutan. Kesemutan merupakan kurangnya kepekaan anggota tubuh (biasanya kaki dan tangan) dengan rasa sakit seperti tertusuk-tusuk. Jika duduk terlalu lama dalam posisi bersila dapat menimbulkan kesemutan.



Penyebab Kesemutan
Penyebab Umum
Kesemutan dapat terjadi karena adanya aliran darah yang terhenti di titik syaraf tertentu. kesemutan yang normal akan sembuh dalam waktu yang cepat yaitu bisa dengan menggerakkan bagian yang kesemutan.

Penyebab Khusus
Beberapa kondisi yang menyebabkan kesemutan:

  • Syarat Terjepit
Pada kondisi ini menyebabkan salah satu bagian syaraf yang keluar dari jalurnya akan menyebabkan tekanan di bagian syaraf lainnya

  • Diabetes
Diabetes menyebabkan masalah pembuluh darah yang mengalirkan darah ke syaraf. Waspadai jika kesemutan rerjadi dapat bertahan cukup lama.

  • Tumor Otak
Salah satu gejala awal dari tumor otak adalah keemutan. Selain kesemutan gejala yang perlu diperhatikan adalah rasa sakit pada kepala yang berlangsung terus menerus, gangguan penglihatan dan pendengaran, kejang, mual, muntah,

Pemeriksaan
Lakukan beberapa pemeriksaan di bawah ini jika anda merasa sering kesemutan sehingga dapat mencegah dan menindak lanjuti sebelum terlambat.
- Cek kadar gula darah anda secara teratur
- Cek kadar kolesterol dan asam urat anda
- Pemeriksaan tekanan darah, denyut nadi dan denyut jantung.
- Pemeriksaan syaraf dapat dilakukan dengan menusukkan jarum ke bagian yang kesemutan oleh ahli medis
- Tes darah untuk mengetahui ada kemungkinan lainnya.

0 comments:

Post a Comment